Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VI: Belajar Bermusyawarah untuk Mencapai Kesepakatan Bersama di SDN 16 Salama
Dalam kegiatan ini, siswa dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing diminta untuk mempraktikkan secara langsung proses musyawarah dengan topik yang telah ditentukan oleh guru. Setiap kelompok berdiskusi dengan aktif, menyampaikan pendapat, mendengarkan pandangan teman, serta mencari kesepakatan bersama secara bijak dan menghargai perbedaan pendapat.
Melalui kegiatan praktik ini, siswa tidak hanya memahami teori tentang nilai-nilai musyawarah, tetapi juga mengalami langsung bagaimana mengambil keputusan bersama secara demokratis dan bertanggung jawab.
Kegiatan ini menjadi wujud nyata pembelajaran berbasis karakter yang menanamkan nilai Pancasila, terutama sila keempat: “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.” 🇮🇩✨

Komentar
Posting Komentar