Pembelajaran Interaktif Menggunakan Papan Digital Pendidikan Pancasila – Kelas IIB SDN 16 Salama
Pembelajaran Interaktif Menggunakan Papan Digital – Kelas 2B SDN 16 Salama
Kelas 2B SDN 16 Salama hari ini mendapatkan giliran menggunakan Papan Digital Interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila bersama Ibu Suharti, S.Pd. Penggunaan teknologi ini menjadi salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan minat belajar dan menghadirkan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa.
Materi yang dipelajari pada pertemuan ini adalah Simbol Sila Pancasila dan Isi Sila Pancasila. Untuk membuka pembelajaran, Ibu Guru menayangkan video edukatif yang berisi penjelasan tentang simbol dan makna dari setiap sila. Visualisasi melalui video membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah dan menyenangkan.
Setelah itu, guru memberikan penguatan materi dengan menjelaskan kembali makna setiap sila secara sederhana dan dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Suasana kelas menjadi lebih hidup ketika guru mulai mengajukan pertanyaan dan siswa aktif menjawab berdasarkan pemahaman mereka.
Untuk mengevaluasi sejauh mana siswa memahami materi, Ibu Guru menyiapkan soal-soal berbentuk game interaktif yang ditampilkan di papan digital. Siswa dibagi menjadi dua kelompok—kelompok perempuan dan kelompok laki-laki—untuk menjawab soal secara bergantian. Suasana kompetitif namun menyenangkan membuat siswa semakin bersemangat menunjukkan kemampuan mereka.
Melalui pembelajaran berbasis teknologi ini, siswa tidak hanya memahami materi Pancasila dengan lebih baik, tetapi juga terbiasa menggunakan perangkat digital sebagai media belajar yang positif dan edukatif.
.jpg)
Komentar
Posting Komentar