Kegiatan Belajar Kelas 1B SDN 16 Salama

 


Hari ini, siswa mengikuti pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan tema gotong royong. Guru memulai pelajaran dengan menjelaskan makna gotong royong serta pentingnya bekerja sama dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu, siswa diajak untuk berdiskusi mengenai pengalaman mereka dalam membantu orang lain, baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan sekitar. Dalam diskusi ini, siswa membandingkan pekerjaan yang dilakukan sendiri dengan pekerjaan yang dikerjakan bersama-sama, sehingga mereka dapat memahami manfaat dan efektivitas gotong royong.

Selanjutnya, guru memberikan contoh berbagai bentuk gotong royong, seperti kerja bakti di lingkungan, membantu teman yang kesulitan, serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Siswa kemudian diminta untuk menganalisis contoh perilaku gotong royong yang mereka temui di kehidupan sehari-hari dan menuliskannya dalam buku tugas. Untuk memperkuat pemahaman, guru mengajak siswa bermain peran dalam kelompok kecil, di mana mereka mensimulasikan situasi yang membutuhkan kerja sama, seperti membersihkan kelas atau membantu teman yang kesulitan belajar.

Di akhir pembelajaran, siswa menyimpulkan manfaat gotong royong, seperti mempererat persaudaraan, meringankan beban pekerjaan, dan menciptakan kehidupan yang harmonis. Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa merefleksikan sikap mereka selama ini dan berkomitmen untuk menerapkan nilai gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Rapat Jadwal Observasi Praktik Kinerja Guru 2025 - SDN 16 Salama