Kegiatan Belajar Kelas 1B Matematika Bangun Datar - SDN 16 Salama
Pada kegiatan belajar materi bentuk bangun datar di kelas 1B, guru memulai pelajaran dengan menjelaskan dan menunjukkan bentuk-bentuk bangun datar yang ada di sekitar mereka. Ibu guru mengajak siswa untuk lebih mengenal berbagai bentuk bangun datar, seperti persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran. Ibu guru menggunakan berbagai alat peraga, seperti gambar, kartu, dan benda nyata di sekitar kelas, untuk memudahkan siswa dalam memahami bentuk-bentuk tersebut. Siswa diajak untuk mengenali dan membedakan ciri-ciri setiap bangun datar, seperti jumlah sisi, panjang sisi, dan bentuk sudutnya.
Setelah penjelasan, Ibu guru meminta siswa untuk menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar yang ada di sekitar kelas. Siswa diminta untuk memperhatikan benda-benda yang ada di sekitar mereka, seperti meja, papan tulis, jendela, atau jam dinding, dan kemudian menyebutkan bentuk bangun datar yang ada pada benda-benda tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa mengaitkan pembelajaran dengan dunia nyata di sekitar mereka, serta melatih mereka untuk lebih peka terhadap bentuk-bentuk yang ada di lingkungan mereka.
Selanjutnya, siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk menyusun dan mengurai bentuk bangun datar dari gambar atau benda yang disediakan oleh guru. Setiap kelompok diberikan potongan-potongan gambar bangun datar atau benda-benda yang terdiri dari berbagai bentuk bangun datar. Tugas mereka adalah menyusun gambar atau benda-benda tersebut untuk membentuk suatu gambar atau objek yang lebih kompleks, dan mengidentifikasi bangun datar apa saja yang digunakan dalam penyusunan gambar tersebut.
Setelah menyusun gambar, masing-masing kelompok diminta untuk menyebutkan bentuk bangun datar yang ada dalam gambar yang mereka susun. Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan menyebutkan nama-nama bentuk bangun datar yang ditemukan dalam gambar atau objek yang mereka buat. Ibu guru kemudian mengajak siswa untuk menarik kesimpulan bersama-sama tentang bentuk-bentuk bangun datar yang telah mereka susun dan uraikan.
Sebagai penutup, Ibu guru memberikan tugas rumah yang menyenangkan, di mana siswa diminta untuk menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar rumah mereka dan menyebutkan bentuk bangun datar yang terdapat pada benda tersebut.
Komentar
Posting Komentar