Kegiatan Belajar Kelas 6: Jurnal Membaca - SDN 16 Salama
Pada kegiatan belajar kelas 6 dengan fokus membaca di pojok baca kelas, siswa memulai pembelajaran dengan memilih buku bacaan favorit mereka dari berbagai koleksi yang tersedia di pojok baca. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dan keterampilan literasi siswa melalui pembacaan buku yang mereka pilih sendiri.
Guru membuka kegiatan dengan mengarahkan siswa untuk menuju pojok baca yang telah disiapkan di kelas. Siswa diminta untuk memilih satu buku yang menarik bagi mereka dari koleksi yang mencakup berbagai genre seperti cerita fiksi, sejarah, pengetahuan umum. Setiap siswa bebas memilih buku yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.
Setelah semua siswa mendapatkan buku mereka, guru menjelaskan tentang jurnal membaca. Guru memberikan contoh jurnal membaca yang mencakup kolom-kolom seperti:
- Judul buku: Nama buku yang sedang dibaca.
- Pengarang: Nama penulis buku.
- Jumlah halaman: Jumlah halaman yang telah dibaca.
- Ringkasan: Siswa diminta menuliskan ringkasan singkat tentang apa yang telah mereka baca.
- Kesan/pelajaran: Apa yang mereka pelajari atau kesan yang mereka dapatkan dari bacaan tersebut.
Guru menunjukkan contoh cara mengisi jurnal dengan rinci, agar siswa memahami cara mencatat kemajuan membaca mereka secara efektif.
Siswa kemudian mulai membaca buku pilihan mereka di tempat duduk masing-masing. Mereka diberikan waktu sekitar 20-30 menit untuk membaca secara mandiri. Suasana kelas dibuat tenang agar setiap siswa dapat berkonsentrasi pada bacaan mereka.
Setelah waktu membaca selesai, siswa diarahkan untuk mengisi jurnal membaca berdasarkan buku yang telah mereka baca. Guru berkeliling kelas untuk membantu siswa yang mungkin mengalami kesulitan dalam menuliskan ringkasan atau mengungkapkan kesan mereka tentang bacaan. Siswa diminta untuk menuliskan secara jujur dan kreatif apa yang mereka pelajari dari bacaan mereka.
Komentar
Posting Komentar