Kegiatan Belajar Kelas 3 IPAS Ekosistem - SDN 16 Salama

 


Kegiatan belajar kelas 3 mata pelajaran IPAS hari ini membahas tentang macam-macam ekosistem dan anggotanya. Guru memulai pelajaran dengan menjelaskan kepada siswa apa itu ekosistem, yaitu hubungan antara makhluk hidup (seperti tumbuhan, hewan, dan manusia) dengan lingkungannya.

Guru memberikan contoh beberapa jenis ekosistem yang ada di sekitar mereka, seperti ekosistem darat (hutan, padang rumput) dan ekosistem air (laut, sungai). Setiap ekosistem memiliki anggota atau komponen yang berbeda, misalnya di ekosistem hutan ada pohon, burung, serangga, dan hewan lainnya, sedangkan di ekosistem laut ada ikan, plankton, karang, dan hewan laut lainnya.

Pada akhir pembelajaran, guru mengajak siswa berdiskusi tentang pentingnya menjaga ekosistem agar makhluk hidup dapat terus bertahan dan hidup dengan baik. Guru juga mengajukan beberapa pertanyaan untuk memastikan pemahaman siswa, seperti "Apa yang terjadi jika salah satu anggota ekosistem hilang?" dan "Bagaimana manusia dapat menjaga keseimbangan ekosistem?". Kegiatan ini diakhiri dengan tugas individu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama