Kegiatan Belajar Kelas 3 Bahasa Indonesia - SDN 16 Salama

 


Kegiatan belajar kelas 3 Bahasa Indonesia di SDN 16 Salama hari ini berfokus pada materi "Menjelaskan Ide Pokok dan Beberapa Ide Pendukung dari Sebuah Teks". Pembelajaran dimulai dengan guru menjelaskan kepada siswa tentang pengertian ide pokok, yaitu gagasan utama yang menjadi inti pembahasan dari sebuah paragraf, serta ide pendukung yang bertugas menjelaskan atau memperkuat ide pokok tersebut.

Guru kemudian membacakan sebuah teks pendek yang berisi dua paragraf sederhana. Setelah membacakan teks tersebut, guru mengajak siswa untuk bersama-sama mencari dan mengidentifikasi ide pokok dari masing-masing paragraf. Guru bertanya, "Apa yang dibahas pada paragraf pertama?", lalu siswa menjawab dengan menyebutkan ide pokok yang mereka temukan. 

Setelah penjelasan dan contoh diberikan, siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan teks yang berbeda untuk mereka baca bersama. Tugas mereka adalah menemukan ide pokok dan beberapa ide pendukung dari teks tersebut. Setelah selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama