Kegiatan Belajar Kelas 2 Matematika: Pengurangan Bersusun 3 angka - SDN 16 Salama

 


Pada kegiatan belajar kelas 2 dengan materi pengurangan bersusun tiga angka (ratusan), guru memulai pembelajaran dengan memberikan penjelasan mengenai konsep dasar pengurangan bersusun. Guru menulis beberapa contoh soal pengurangan tiga angka di papan tulis.

Guru menjelaskan bahwa dalam pengurangan bersusun, mengurangi angka per angka dari kolom satuan, puluhan, hingga ratusan. Guru memberikan penjelasan langkah demi langkah:

Setelah menjelaskan langkah-langkahnya, guru mengerjakan soal contoh di papan tulis secara bersama-sama. Misalnya:

Guru meminta siswa untuk mencatat proses tersebut di buku mereka sambil menjelaskan secara rinci proses meminjam dan mengurangi.

Setelah siswa memahami contoh, guru membagikan lembar kerja yang berisi soal pengurangan bersusun tiga angka lainnya. Setiap siswa diminta untuk mengerjakan soal secara mandiri. Guru berkeliling kelas untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan, khususnya dalam konsep meminjam angka dari kolom lain.

Setelah semua siswa menyelesaikan soal, guru meminta beberapa siswa untuk maju ke depan kelas dan menuliskan jawaban mereka di papan tulis. Guru dan siswa lainnya kemudian bersama-sama memeriksa dan mendiskusikan jawaban yang benar. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama