Kegiatan Belajar Kelas 1 Matematika: Mengenal Angka - SDN 16 Salama

 


Pada kegiatan belajar matematika kelas 1 dengan materi mengenal angka, guru mempersiapkan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Guru menyiapkan potongan kertas yang bertuliskan angka-angka mulai dari 1 hingga 10. Setiap potongan kertas memiliki ukuran yang cukup agar dapat dilihat dengan jelas oleh seluruh siswa.

Pembelajaran dimulai dengan penjelasan singkat dari guru mengenai angka-angka tersebut, di mana guru memperlihatkan angka-angka satu per satu sambil menyebutkan nama angka. Setelah siswa mengenali bentuk dan nama angka, guru memberi instruksi kepada siswa untuk mengambil bagian aktif dalam kegiatan.

Guru kemudian memanggil siswa secara bergantian untuk mengambil salah satu potongan kertas angka yang telah disiapkan. Setelah siswa memilih kartu angka, guru meminta siswa untuk menempelkan angka tersebut di papan tulis yang telah disiapkan sebagai tempat untuk menempel.

Setiap kali seorang siswa menempelkan angka, guru mengajak siswa lain untuk mengenali angka tersebut dengan cara menyebutkan angka yang telah ditempel. Hal ini dilakukan agar seluruh siswa lebih memahami dan mengingat angka dengan baik. 

Selain itu, setelah semua angka ditempel, guru memberikan beberapa pertanyaan interaktif seperti meminta siswa menunjuk angka tertentu atau menyebutkan urutan angka yang ditempel di papan tulis. Kegiatan ini membantu siswa memahami konsep angka dengan cara yang lebih menyenangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama