Kegiatan Matematika Siswa Kelas 1 "Penjumlahan" - SDN 16 Salama

 


Siswa kelas 1 SDN 16 Salama Kota Bima belajar Matematika bersama Ibu Endang Tantian Martini, S.Pd, dengan materi yang dipelajari adalah "Penjumlahan". Sebelum kegiatan belajar dimulai siswa diajak untuk berdoa bersama-sama. Saat memulai pembelajaran Matematika Ibu Endang memberikan penjelasan mengenai materi yang akan dipelajari. Ibu Endang menggunakan "Stick Es Krim" sebagai media berhitung. 

Ibu Endang menjelaskan kepada siswa bagaimana cara menghitung penjumlahan menggunakan stick es krim tersbut. Setelah penjelasan, Ibu Endang memberikan latihan kepada siswa. Teknik pengerjaan latihan yang di gunakan oleh guru adalah maju di depan kelas secara bergiliran dan bentuk soal latihan yang diberikan yaitu ibu Endang menyebutkan angka yang akan di jumlahkan kemudian meminta siswa untuk manafsirkannya kedalam simbol matematika, lalu siswa menggunakan stick eskrim sebagai alat bantu berhitung.  

Saat siswa sedang mengerjakan latihan. Ibu Endang berkeliling kelas, untuk memantau pekerjaan siswa. Jika siswa mengalami kesulitan, guru membimbing dan memberikan penjelasan tambahan kepada siswa. 

Menghitung menggunakan bantuan stick eskrim ini memungkinkan siswa untuk melihat dan menyusun angka secara fisik, yang membantu mereka memahami konsep penjumlahan dengan lebih baik. Ini juga membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo