Kegiatan Belajar Muatan Lokal Kelas 6 - SDN 16 Salama

 


Kegiatan belajar kelas 6 muatan lokal Sejarah Bima bersama Ibu Miftuhalisa membahas tentang sikap Kesultanan Bima terhadap kedatangan bangsa asing. Ibu Miftuhalisa menjelaskan bahwa Kesultanan Bima pada awalnya bersikap terbuka terhadap bangsa asing yang datang ke wilayahnya. Kesultanan menyambut baik bangsa asing dengan harapan adanya hubungan dagang dan pertukaran budaya yang saling menguntungkan.

Namun, seiring berjalannya waktu, bangsa asing mulai memanfaatkan keterbukaan tersebut untuk keuntungan mereka sendiri, yang berdampak negatif bagi rakyat Bima. Ibu Miftuhalisa menggambarkan bagaimana bangsa asing memanfaatkan sumber daya alam dan tenaga kerja rakyat Bima untuk kepentingan ekonomi mereka. Hal ini menyebabkan penderitaan di kalangan rakyat Bima, yang akhirnya menyadari bahwa kedatangan bangsa asing tidak sepenuhnya membawa keuntungan bagi mereka.

Setelah memberikan penjelasan, Ibu Miftuhalisa mengajak siswa untuk berdiskusi tentang bagaimana seharusnya sikap yang tepat dalam menghadapi bangsa asing yang datang ke wilayah mereka. Siswa diminta untuk memberikan pendapat dan berdiskusi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo