Kegiatan Belajar Kelas 6 Bahasa Indonesia: Wawancara untuk Menggali Informasi - SDN 16 Salama

 


Kegiatan belajar kelas 6 dengan materi wawancara dimulai dengan penjelasan dari guru mengenai apa itu wawancara, yaitu sebuah percakapan atau dialog yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan informasi dari narasumber melalui pertanyaan yang telah disiapkan. Guru juga menjelaskan pentingnya keterampilan bertanya dan mendengarkan dalam proses wawancara.

Setelah pemahaman dasar diberikan, siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok memiliki peran yang berbeda, yaitu ada yang bertugas sebagai pewawancara, narasumber, dan kameramen. Pewawancara bertugas untuk menyiapkan dan mengajukan pertanyaan, narasumber menjawab pertanyaan yang diberikan, sementara kameramen bertugas untuk merekam proses wawancara menggunakan alat yang disediakan atau berpura-pura merekam jika tidak ada kamera.

Setiap kelompok diminta untuk menyiapkan pertanyaan terlebih dahulu, sesuai dengan topik yang telah ditentukan oleh guru. Setelah persiapan selesai, kelompok secara bergantian melakukan adegan wawancara di depan kelas. Pewawancara memulai dengan membuka percakapan, diikuti dengan serangkaian pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Narasumber berusaha menjawab dengan baik dan jelas, sementara kameramen memastikan proses wawancara berjalan lancar.

Selama kegiatan berlangsung siswa berlatih keterampilan komunikasi, berperan sesuai dengan tugas masing-masing, dan belajar bagaimana mengatur peran dalam tim. Setelah semua kelompok selesai melakukan wawancara, guru memberikan masukan dan evaluasi untuk meningkatkan keterampilan wawancara para siswa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo