Kegiatan Belajar Kelas 5 SDN 16 Salama

 


Kegiatan pembelajaran Matematika kelas 5 dengan topik **"Menentukan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dari 2 Bilangan"**.

Guru membuka pembelajaran dengan pengantar mengenai konsep dasar kelipatan dan faktor dari sebuah bilangan. Melalui penjelasan ini, siswa diperkenalkan dengan bagaimana bilangan-bilangan memiliki kelipatan dan faktor. Guru memberikan contoh-contoh bilangan sederhana, seperti 2, 3, 4, dan 6, dan menjelaskan bagaimana kelipatan serta faktor dari bilangan tersebut dapat ditemukan.

Setelah siswa memahami cara menentukan kelipatan dan faktor, guru melanjutkan dengan materi inti yaitu **KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil)** dan **FPB (Faktor Persekutuan Terbesar)**. Guru memberikan beberapa contoh dan langkah-langkah sistematis untuk menentukan KPK dan FPB. Guru memandu siswa dalam beberapa soal contoh agar siswa bisa memahami proses dengan baik.

Setelah mendapatkan pemahaman tentang KPK dan FPB, siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan. Soal-soal ini melibatkan penentuan KPK dan FPB dari beberapa pasangan bilangan. Siswa diminta mengerjakan soal secara mandiri untuk menguatkan pemahaman mereka terhadap materi yang telah diajarkan.

Setelah siswa menyelesaikan latihan, guru melakukan pembahasan soal secara bersama-sama di kelas. Guru memberikan penjelasan kembali mengenai proses menentukan KPK dan FPB, menjawab pertanyaan siswa yang mungkin belum memahami, serta memberikan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo