Kegiatan Belajar Kelas 4 - SDN 16 Salama

 


Kegiatan belajar Bahasa Indonesia dengan topik Jelajah Kata dimulai dengan pengantar dari guru yang menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini, yaitu mengenal kosakata baru dan bagaimana menyampaikan pendapat dengan aktif melalui diskusi.

Guru memperkenalkan topik *Jelajah Kata*, menjelaskan pentingnya penguasaan kosakata dalam memahami teks. Guru kemudian membacakan teks pendek yang berisi beberapa kata yang mungkin belum diketahui siswa, meminta mereka untuk memperhatikan kata-kata yang terdengar asing atau baru.

Setelah teks dibacakan, siswa dibagi ke dalam kelompok kecil. Setiap kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan kosakata yang belum mereka kenali. Bersama-sama mencoba menemukan artinya dengan menggunakan konteks kalimat.

Setelah diskusi selesai, setiap kelompok diberi kartu kata-kata baru dari teks yang telah dibacakan. Tugas mereka adalah memasang kata-kata tersebut di papan tulis dan menjelaskan artinya di hadapan kelas. Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan kosakata baru yang mereka temukan, memberikan penjelasan arti kata berdasarkan hasil diskusi mereka.

Guru kemudian memberikan penjelasan tambahan tentang arti kata yang telah dibahas dan meluruskan jika ada pemahaman yang kurang tepat dari kelompok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo