Kegiatan Belajar Kelas 2 - SDN 16 Salama

 


Kegiatan belajar Pendidikan Pancasila kelas 2 dengan topik **"Berhati-hati di Mana Saja"** dimulai dengan penjelasan oleh guru mengenai pentingnya memahami tempat-tempat umum dan berhati-hati ketika berada di lingkungan sekitar. Guru juga menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu agar siswa dapat menyimpulkan nama tempat berdasarkan ciri-ciri tertentu.

Guru memulai dengan memberikan pengantar tentang berbagai macam tempat umum yang sering dikunjungi oleh siswa, seperti sekolah, rumah sakit, pasar, taman, dan sebagainya. Guru menjelaskan bahwa setiap tempat memiliki tanda atau ciri-ciri yang membedakan tempat tersebut dari tempat lainnya. Siswa diminta untuk memperhatikan ciri-ciri khusus dari setiap tempat umum yang akan dibahas.

Guru kemudian memperkenalkan berbagai tanda atau simbol yang biasa ditemui di tempat umum, seperti simbol untuk rumah sakit, simbol untuk toilet umum, atau simbol dilarang merokok di tempat tertentu. Siswa diminta untuk memperhatikan gambar-gambar yang ditampilkan di papan tulis, dan mengenali tanda serta nama tempat yang sesuai.

Guru kemudian memberikan contoh ciri-ciri suatu tempat secara lisan, seperti "Tempat ini memiliki banyak buku dan sering digunakan untuk membaca," atau "Tempat ini penuh dengan orang yang berbelanja berbagai macam barang." Siswa diminta untuk menyimpulkan nama tempat tersebut, seperti "perpustakaan" atau "pasar."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo