Kegiatan Belajar Kelas 1 Matematika - SDN 16 Salama



Kegiatan belajar kelas 1 pelajaran matematika tentang penjumlahan bersusun di SDN 16 Salama dimulai dengan penjelasan guru mengenai konsep dasar penjumlahan bersusun. Guru memperkenalkan penjumlahan dua bilangan dengan nilai satuan dan puluhan secara visual di papan tulis.

Guru memberikan contoh sederhana, seperti 32 + 24, dan menunjukkan kepada siswa cara menuliskan bilangan tersebut secara bersusun, yaitu satuan di bawah satuan dan puluhan di bawah puluhan. Guru juga menjelaskan langkah-langkah menghitung hasil penjumlahan mulai dari kolom satuan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan kolom puluhan.

Setelah siswa memahami konsep tersebut, guru memberikan beberapa soal penjumlahan bersusun di buku latihan mereka. Siswa diminta untuk mengerjakan soal secara mandiri, dengan bimbingan dari guru yang berkeliling untuk memberikan bantuan kepada siswa yang masih bingung.

Beberapa siswa kemudian diminta maju ke depan kelas untuk menuliskan hasil penjumlahan mereka di papan tulis dan menjelaskan cara menghitungnya kepada teman-teman. Guru memberikan penjelasan tambahan dan memuji usaha siswa dalam memahami penjumlahan bersusun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo