Kegiatan Belajar Kelas 1 Bahasa Indonesia - SDN 16 Salama

 


Kegiatan belajar kelas 1 di SDN 16 Salama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kali ini bertujuan untuk mengenal huruf dan memperkaya kosa kata siswa. Guru memulai pelajaran dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil agar mereka dapat lebih fokus dan aktif dalam kegiatan yang dilakukan.

Pada salah satu kelompok, siswa diberi tugas untuk mencari huruf-huruf yang terdapat pada kartu huruf yang telah disediakan. Kartu-kartu tersebut berisi berbagai huruf alfabet yang disusun acak. Siswa diminta untuk bekerja sama dalam kelompok untuk menemukan huruf-huruf yang diperlukan untuk membentuk satu kata sederhana, seperti "ratu". Setelah berhasil menyusun kata, mereka menempelkan huruf-huruf tersebut di papan tulis dengan urutan yang benar.

Sementara itu, pada kelompok lain, siswa diberi tantangan untuk mendengarkan dengan seksama huruf yang diucapkan oleh guru. Setelah mendengar huruf yang disebutkan, siswa harus segera mencari kartu huruf yang sesuai dari kartu di depan mereka. Begitu mereka menemukan huruf yang tepat, mereka mengangkatnya dan menunjukkan kepada guru untuk memastikan apakah mereka benar.

Siswa tampak sangat bersemangat dalam mencari dan menyusun huruf-huruf, serta dalam mendengarkan dan merespon instruksi guru. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo