Kegiatan Pembinaan Membaca Mandiri untuk Siswa Kelas 1 - SDN 16 Salama

 


Ibu Endang Tantian Martini melakukan kegiatan pembinaan membaca mandiri untuk siswa kelas 1. Kegiatan ini dilakukan karena dapat mencakup berbagai aktivitas yang dirancang untuk membangun keterampilan membaca mereka secara mandiri. Pada proses pembinaan, cara yang dilakukan oleh ibu Endang adalah dengan "Baca Bersama". Langkah awal adalah ibu Endang menyiapkan bahan bacaan yang akan digunakan, yaitu menggunakan teks cetak, yang hurufnya besar dan jelas. Kemudian ibu Endang membacakan teks cerita pendek kepada siswa secara bergiliran. Ibu Endang membacakan bagian pertama dari teks dengan jelas dan ekspresif, lalu minta siswa untuk membaca bagian berikutnya secara bergiliran.

Dengan meminta siswa untuk membaca teks yang ada dapat membuat mereka memahami konteks cerita secara mandiri. Hal ini melibatkan siswa secara aktif dalam membaca dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk berlatih membaca dengan bimbingan, kegiatan "Baca Bersama" dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan membaca mandiri secara efektif.

Pembinaan ini dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa secara menyenangkan dan interaktif, serta untuk membangun kebiasaan membaca mandiri sejak dini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo