Kegiatan Belajar Siswa Kelas 1 | Mendikte Kata yang dimulai dengan Huruf "K" - SDN 16 Salama

 


Siswa kelas 1 melakukan kegiatan belajar "Mendikte kata yang dimulai dengan huruf K". Kegiatan ini dibimbing langsung oleh guru kelas 1 yaitu ibu Endang Tantian Martini, S. Pd. Pada proses pembelajaran, cara yang dilakukan oleh guru adalah dengan "Latihan menulis dan membaca". Ibu Endang menggunakan papan tulis sebagai media untuk menuliskan berbagai kata yang dimulai dari huruf 'K', seperti Kuku, Kaki, Kambing, dsb. 

Guru membacakan setiap kata dengan jelas dan diulangi beberapa kali. Kemudian guru meminta siswa untuk menirukan pengucapannya. Setelah membaca bersama guru melakukan 'Latihan Mendikte' pada siswa yaitu guru membacakan kata-kata satu-persatu dengan pelan dan jelas. Kemudian meminta siswa untuk menulis kata-kata yang telah bacakan. Misalnya, sebutkan "kaki" dan biarkan siswa menulisnya di buku mereka. 

Untuk memperkuat pemahaman, guru mengadakan latihan tambahan dengan menuliskan kata-kata baru yang dimulai dengan huruf "K" di papan tulis. Kemudian guru meminta siswa maju ke depan kelas untuk membacakan kosa kata tersebut satu-persatu secara bergiliran.

Kegiatan ini akan membantu siswa tidak hanya belajar mengeja dan menulis kata-kata dengan huruf "K", tetapi juga meningkatkan kemampuan mendengar dan memahami kata.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo