Kegiatan Belajar Penjumlahan 1-15 dengan Permainan "Mengisi Kotak Kosong" | Siswa Kelas 1 - SDN 16 Salama


 

Siswa kelas 1 SDN 16 Salama Kota Bima belajar Matematika bersama Ibu Endang Tantian Martini, S.Pd, dengan materi yang dipelajari adalah "Penjumlahan 1-15". Sebelum kegiatan belajar dimulai siswa diajak untuk berdoa bersama-sama. Sebelum memulai pembelajaran tidak lupa juga guru mengajak siswa untuk menyanyikan salah satu lagu wajib Nasional yaitu "Indonesia Raya". Saat memulai pembelajaran Matematika Ibu Endang memberikan penjelasan mengenai materi yang akan dipelajari. Ibu Endang menggunakan metode permainan "Mengisi kotak kosong" , yaitu guru menggambar beberapa kotak kosong yang kemudian akan di isi dengan angka-angka yang dapat menghasilkan angka belasan. Ibu Endang menjelaskan kepada siswa bagaimana cara menghitung/jumlahkannya. Setelah penjelasan, Ibu Endang memberikan latihan kepada siswa yang ditulisnya di papan tulis. Soal latihan yang diberikan sama dengan seperti yang sudah dijelaskan yaitu "Mengisi Kota Kosong". Terdapat beberapa kotak kosong yang perlu di isi dengan angka yang jika di jumlahankan menghasilkan angka belasan seperti : 12, 15, 13 dst. 

Dalam proses latihan, teknik yang di gunakan guru adalah meminta siswa untuk maju ke depan kelas secara bergiliran untuk mengerjakan soal yang yang diberikan guru.

Setelah selesai mengerjakan di depan kelas, tidak lupa guru mengingatkan kepada siswa untuk mencatat atau menuliskan hasil pekerjaannya di buku tulis masing-masing. Kegiatan diakhiri dengan pemantapan materi , pemberian PR, dan berdo'a bersama-sama untuk menutup pembelajaran. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo