Kegiatan Belajar Matematika Kelas 2 - SDN 16 Salama

 


Pada hari ini, siswa kelas 2 SDN 16 Salama belajar tentang cara menjumlahkan dua bilangan tiga angka dengan menggunakan metode penjumlahan bersusun.

Kegiatan dimulai dengan guru menjelaskan konsep penjumlahan bersusun kepada siswa. Guru menuliskan dua bilangan tiga angka di papan tulis, misalnya 236 ditambah 23, dan menunjukkan bagaimana bilangan tersebut ditulis secara vertikal, dengan ratusan, puluhan, dan satuan ditempatkan sejajar. Guru menjelaskan bahwa penjumlahan dimulai dari kolom satuan, dilanjutkan ke kolom puluhan, dan terakhir kolom ratusan.

Setelah menjelaskan langkah-langkah tersebut, guru mengajak siswa untuk ikut menghitung bersama-sama. Guru memandu siswa untuk menjumlahkan kolom satuan terlebih dahulu, lalu menuliskan hasilnya di bawah garis. 

Setelah siswa memahami konsepnya, guru membagikan lembar latihan yang berisi beberapa soal penjumlahan bersusun dengan bilangan tiga angka. Siswa diminta untuk mencoba menjumlahkan sendiri menggunakan metode yang baru dipelajari. Guru berkeliling kelas untuk memantau, membantu siswa yang menemui kesulitan, dan memastikan semua siswa memahami cara menghitung dengan benar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo