Kegiatan Belajar Kelas 6 IPAS - SDN 16 Salama

 


Kegiatan belajar kelas 6 SDN 16 Salama hari ini membahas tentang kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara. Guru mengajak siswa untuk memahami latar belakang, tujuan, dan dampak kedatangan bangsa Eropa di wilayah Indonesia.

Kegiatan dimulai dengan guru menjelaskan secara singkat tentang sejarah kedatangan bangsa Eropa, dimulai dari Portugis, Spanyol, hingga Belanda. Guru juga menjelaskan bahwa kedatangan mereka ke Nusantara dipicu oleh keinginan untuk mencari rempah-rempah, yang saat itu sangat bernilai tinggi di Eropa.

Selanjutnya, siswa diajak berdiskusi mengenai bagaimana letak geografis Indonesia yang strategis menjadi alasan utama kedatangan bangsa Eropa.

Untuk memperdalam pemahaman siswa, guru memberikan contoh beberapa peristiwa penting, seperti perjanjian-perjanjian yang dilakukan oleh bangsa Eropa dengan kerajaan-kerajaan di Nusantara. Guru juga menekankan dampak kedatangan bangsa Eropa, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun budaya.

Setelah penjelasan, siswa diminta untuk membuat catatan penting mengenai materi yang telah disampaikan. 

Di akhir kegiatan, guru memberikan beberapa soal latihan untuk menguji pemahaman siswa tentang materi yang telah dibahas. Siswa yang telah selesai mengerjakan diberikan kesempatan untuk bertanya atau mendiskusikan hal-hal yang masih kurang jelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo