Kegiatan Belajar Mengenal Anggota Tubu Kelas 1 - SDN 16 Salama


Siswa kelas 1 SDN 16 Salama Kota Bima belajar IPA bersama Ibu Endang Tantian Martini, S.Pd, dengan materi yang dipelajari adalah "Mengenal Anggota Tubuh". Sebelum kegiatan belajar dimulai siswa diajak untuk berdoa bersama-sama. Sebelum memulai pembelajaran tidak lupa juga guru mengajak siswa untuk menyanyikan salah satu lagu wajib Nasional yaitu "Indonesia Raya". Saat memulai pembelajaran IPA Ibu Endang memberikan penjelasan mengenai materi yang akan dipelajari. Ibu Endang menggambar beberapa bentuk anggota tubuh pada manusia seperti pada bagian kepala yaitu 'Mata, rambut , Alis, Mulut' dsb. 

Ibu Endang menjelaskan kepada siswa tentang bagian apa saja yang ada pada tubuh manusia beserta fungsinya seperti 'Mata untuk melihat, mulut untuk makan' dsb. Setelah penjelasan, Ibu Endang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang mereka ketahui beserta fungsinya secara bergiliran kemudian meminta mereka untuk maju kedepan lalu menuliskannya di papan tulis. 

Saat siswa sedang mengerjakan latihan. Ibu Endang selalu memantau pekerjaan siswa. Jika siswa mengalami kesulitan, guru membimbing dan memberikan penjelasan tambahan kepada siswa. 

Dengan Visualisasi dan Penjelasan membantu siswa mengetahui/memahami bentuk serta fungsi anggota tubuh. karena pada fase ini siswa belajar dengan cara yang sangat visual dan konkret. Selain itu Kegiatan pembelajaran ini memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi Aktif dalam belajar, juga dapat mendukung keterampilan berbicara dan menulis siswa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo