Asesmen Formatif IPAS Kelas 5 - SDN 16 Salama
Pada kegiatan asesmen formatif IPAS kelas 5 di SDN 16 Salama, setiap akhir bab diadakan evaluasi untuk menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Proses asesmen ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana siswa telah memahami konsep-konsep yang diajarkan dan untuk mengetahui area yang mungkin memerlukan penguatan lebih lanjut.
Guru memulai dengan memberikan instruksi kepada siswa mengenai bentuk dan tujuan asesmen formatif yang akan dilakukan. Soal-soal yang diberikan biasanya mencakup berbagai bentuk, seperti pilihan ganda, isian singkat, serta soal uraian yang memerlukan penjelasan lebih mendalam. Soal-soal ini disusun berdasarkan materi yang telah dipelajari di bab tersebut, misalnya tentang ekosistem, daur hidup makhluk hidup, atau energi.
Siswa kemudian diberi waktu untuk mengerjakan soal-soal tersebut secara mandiri. Guru mengamati dan memberikan bimbingan seperlunya, namun tidak memberikan jawaban langsung, agar siswa dapat berpikir secara kritis dan mandiri.
Setelah siswa menyelesaikan asesmen, guru mengumpulkan lembar jawaban untuk dinilai. Hasil penilaian ini akan digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi. Jika terdapat materi yang masih belum dikuasai oleh sebagian besar siswa, guru akan merencanakan kegiatan pengulangan atau remedial untuk memperkuat pemahaman mereka.
Komentar
Posting Komentar