Kegiatan Belajar Kelas 6 "Poster Unsur Intrinsik" - SDN 16 Salama



Hari ini, siswa kelas 6 di SDN 16 Salama belajar tentang unsur intrinsik dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Guru memulai kegiatan belajar dengan menjelaskan pengertian dan berbagai jenis unsur intrinsik dalam sebuah cerita. Unsur-unsur tersebut meliputi tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, dan amanat. Guru memberikan contoh cerita pendek dan menguraikan masing-masing unsur intrinsik dari cerita tersebut secara rinci.

Siswa memahami dan memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kontekstual 

Guru menggunakan metode interaktif dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa tentang cerita yang telah mereka baca sebelumnya. Misalnya, guru bertanya tentang siapa tokoh utama dalam cerita, bagaimana alur cerita berjalan, dan apa pesan moral yang bisa diambil dari cerita tersebut. Siswa dengan antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, menunjukkan pemahaman mereka tentang materi yang diajarkan.

Setelah penjelasan dan diskusi, guru menginstruksikan siswa untuk membuat peta konsep yang menggambarkan unsur intrinsik dari cerita yang telah mereka baca. Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk berdiskusi dan menentukan unsur intrinsik dari cerita yang sama. Setiap kelompok diberikan kertas besar dan spidol untuk membuat peta konsep.

Dalam pembuatan peta konsep, siswa menentukan tema cerita di pusat peta dan menuliskan unsur-unsur intrinsik. Mereka menambahkan panah dan keterangan singkat untuk menjelaskan hubungan antara masing-masing unsur. Guru berkeliling mengamati pekerjaan setiap kelompok, memberikan masukan, dan menjawab pertanyaan siswa.

Setelah semua kelompok selesai membuat peta konsep, masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka di depan kelas. Siswa bergiliran menjelaskan peta konsep yang telah mereka buat, menunjukkan pemahaman mereka tentang unsur intrinsik dalam cerita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama