Kegiatan Belajar Kelas 4 "Fotosintesis" - SDN 16 Salama

 


Kegiatan belajar IPAS kelas 4 tentang fotosintesis berlangsung dengan penuh semangat di SDN 16 Salama. Guru mengajarkan bahwa fotosintesis adalah salah satu proses paling penting di Bumi. Untuk memudahkan siswa memahami konsep ini, guru menjelaskan secara bertahap dan memanfaatkan papan tulis untuk menulis bahan dan hasil dari fotosintesis.

Fotosintesis adalah proses di mana tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri. Proses ini sangat penting bagi kehidupan di Bumi.

Guru mulai dengan menjelaskan bahan-bahan yang dibutuhkan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Ada tiga bahan utama yang diperlukan untuk fotosintesis: air, karbon dioksida, dan sinar matahari. Sambil menulis di papan tulis, guru menggambar gambar sederhana dari sebuah tumbuhan dengan panah yang menunjukkan arah bahan-bahan ini masuk ke dalam daun.

Untuk memperjelas, guru menggambar diagram sederhana di papan tulis yang menunjukkan proses fotosintesis: air dan karbon dioksida masuk ke dalam daun, kemudian dengan bantuan sinar matahari, tumbuhan menghasilkan glukosa dan oksigen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo