Kegiatan Belajar Kelas 4 Bahasa Indonesia - SDN 16 Salama

 


Di kelas 4 SDN 16 Salama, siswa belajar tentang pemakaian kalimat transitif dan intransitif melalui kegiatan mencari kalimat dalam sebuah cerita. Ibu Nurhayati, S.Pd, memulai pelajaran dengan menjelaskan perbedaan antara kalimat transitif dan intransitif. Kalimat transitif adalah kalimat yang membutuhkan objek, sedangkan kalimat intransitif tidak membutuhkan objek.

Ibu Yuni kemudian membagikan sebuah cerita pendek kepada setiap siswa.  Membaca cerita bersama-sama. Mencari dan menggarisbawahi kalimat-kalimat yang termasuk kalimat transitif dan kalimat intransitif.

Siswa mulai membaca cerita dengan seksama, mencari kalimat-kalimat yang sesuai dengan penjelasan guru. Setelah beberapa saat, mereka mulai menggarisbawahi kalimat-kalimat yang mereka temukan. Siswa yang menemukan kalimat transitif diminta untuk menuliskan kalimat tersebut di papan tulis dan menunjukkan objek yang ada di kalimat tersebut. Demikian juga dengan siswa yang menemukan kalimat intransitif, mereka menunjukkan bahwa kalimat tersebut tidak memiliki objek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo