Kegiatan Belajar Kelas 1 - SDN 16 Salama

 


Ibu Suharti berdiri di depan kelas 1 dengan senyum penuh semangat, siap mengajarkan pelajaran hari ini tentang ungkapan sopan santun sambil menulis kata-kata tersebut di papan tulis.

Ibu Suharti menjelaskan setiap ungkapan satu per satu. "Ketika kita membuat kesalahan, kita harus mengatakan 'maaf'. Ketika kita butuh bantuan, kita mengatakan 'tolong'. Setelah menerima bantuan, kita mengatakan 'terima kasih'. Dan ketika kita ingin melewati atau memotong pembicaraan, kita harus mengatakan 'permisi'.

Untuk memudahkan siswa mengingat ungkapan-ungkapan tersebut, Ibu Suharti mengajak mereka belajar melalui sebuah lagu. Dengan irama yang ceria dan mudah diingat, lagu tersebut berbunyi:

Siswa-siswa menyanyi bersama-sama, mengikuti gerakan tangan Ibu Suharti yang menunjukkan masing-masing ungkapan. Mereka tampak antusias dan senang belajar melalui lagu.

Setelah itu, Ibu Suharti mengajak siswa untuk mempraktikkan ungkapan-ungkapan tersebut. Setiap siswa diberi kesempatan untuk maju ke depan kelas dan berlatih menggunakan kata-kata sopan dalam berbagai situasi yang diberikan oleh Ibu Suharti. Siswa pun bergantian maju dan mempraktikkan ungkapan-ungkapan tersebut dengan penuh semangat.

Setelah memahami ungkapan sopan santun, Ibu Suharti melanjutkan pelajaran dengan sesi membaca dan menulis. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo