Kegiatan Belajar Kelas 1 Pendidikan Pancasila - SDN 16 Salama

 


Di kelas 1 SDN 16 Salama, siswa belajar tentang tanggung jawab dengan bimbingan Ibu Endang Tantian Martini, S.Pd. Pagi itu, Ibu Endang memulai pelajaran dengan menjelaskan pentingnya tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Tanggung jawab itu berarti kita harus melakukan tugas kita dengan baik dan memperbaiki kesalahan kita sendiri.

Untuk mempraktikkan konsep tanggung jawab, Ibu Endang memberikan contoh sederhana. Dia mengambil segelas air dan sengaja menumpahkannya di lantai.

Siswa-siswa tampak berpikir sejenak, lalu beberapa dari mereka mengangkat tangan dan menjawab. Ibu Endang kemudian mengambil kain dan menunjukkan cara membersihkan air yang tumpah.

Setelah itu, Ibu Endang mengajak beberapa siswa untuk mencoba membersihkan air yang tumpah secara bergantian. Beberapa siswa mengangkat tangan dengan antusias dan bersemangat untuk mencoba. Mereka satu per satu membersihkan air yang tumpah. Ini adalah contoh tanggung jawab. Ketika membuat kesalahan, kita harus memperbaikinya sendiri. Kita tidak boleh meninggalkannya begitu saja."

Kegiatan ini membantu siswa memahami arti tanggung jawab melalui pengalaman langsung. Dengan membersihkan air yang tumpah sendiri, mereka belajar untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo