Kegiatan Belajar Bahasa Indonesia Kelas 4 - SDN 16 Salama

 


Pada hari ini, siswa kelas 4 di SDN 16 Salama mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Guru memulai pelajaran dengan menjelaskan tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca, memperbaiki kesalahan bacaan, berdiskusi dengan santun, dan menggunakan kata-kata sopan seperti maaf, tolong, permisi, dan terima kasih.

Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil, masing-masing terdiri dari 4-5 siswa. Setiap kelompok diberikan buku bacaan yang sama, yang berisi cerita atau teks yang menarik dan relevan dengan materi yang sedang dipelajari. Guru memberikan instruksi bahwa setiap anggota kelompok akan bergantian membaca satu paragraf dari teks tersebut, sementara anggota lainnya menyimak dengan seksama dan memperbaiki kesalahan bacaan yang mungkin terjadi.

Siswa mulai membaca teks secara bergantian dalam kelompok mereka. Saat satu siswa membaca, yang lain mendengarkan dengan seksama. Jika terdapat kesalahan dalam pengucapan atau intonasi, siswa lain memberikan umpan balik dengan sopan. Contohnya, mereka mengatakan, "Maaf, seharusnya dibaca seperti ini," atau "Tolong ulangi bagian ini dengan lebih jelas." Kegiatan ini tidak hanya membantu memperbaiki kemampuan membaca, tetapi juga mengajarkan siswa untuk memberikan umpan balik dengan cara yang sopan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama