Upcycling Day 24 Juni 2024 - SDN 16 Salama

 



Upcycling Day, yang diselenggarakan setiap tanggal 24 Juni, adalah perayaan internasional untuk menggunakan kembali barang-barang lama dan mendaur ulangnya agar tidak terbuang sia-sia. Upcycling adalah proses menggunakan kembali barang-barang lama yang dapat didaur ulang yang terbuat dari logam, kaca, atau kayu menjadi sesuatu yang baru, sehingga memberikan material tersebut kehidupan baru. Mungkin ada puluhan atau ratusan barang di rumah Anda yang dapat didaur ulang, jadi mengapa tidak memanfaatkan hari ini untuk melakukannya? "Tua itu emas, dan emas tidak pernah ketinggalan zaman."

Upcycling diciptakan pada tahun 1994 oleh dua insinyur Jerman, William McDonough dan Michael Braungart, untuk menggambarkan modifikasi dan rekayasa ulang barang-barang lama sehingga dapat digunakan kembali dan dengan demikian diberi kehidupan kedua. Ide daur ulang sudah ada sebelumnya, dengan mendaur ulang besi tua, kaca, dan kertas.

Upcycling dan daur ulang berbeda. Daur ulang adalah proses menghancurkan sampah dan menggunakannya kembali untuk membuat sesuatu yang baru, misalnya besi tua dilebur, diproses, dan kemudian digunakan untuk membuat barang baru. Upcycling unik karena menggunakan limbah dalam kondisi saat ini untuk membuat sesuatu yang baru, seperti vas bunga yang terbuat dari botol anggur kosong. Manfaat dari upcycling adalah Anda dapat memberikan bahan mentah kehidupan kedua tanpa menghabiskan banyak uang untuk mendaur ulang, dan Anda juga dapat memenuhi kebutuhan saat ini dengan apa yang Anda buat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo