Hari Petugas Sampah Sedunia 17 Juni 2024 - SDN 16 Salama

 


Hari Petugas Sampah Sedunia / Global Garbage Man Day pada tanggal 17 Juni merupakan bentuk penghormatan kepada para petugas sampah di seluruh dunia. Mulai dari mengumpulkan sampah hingga mengangkutnya ke tempat pembuangan, para petugas sampah memberikan pelayanan kepada dunia tanpa henti setiap harinya. Bahkan penundaan sehari saja dalam membuang sampah dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dan risiko penyebaran penyakit. 

Oleh karena itu, para pemungut sampah dan petugas kebersihan terkait memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan menjaganya tetap sehat dan bersih, hari demi hari. Hari itu juga menyoroti bahaya pekerjaan ini karena mengumpulkan dan membuang sampah dianggap sebagai salah satu pekerjaan paling berbahaya di dunia karena hal-hal seperti menghirup bau, bahan kimia, dan pecahan kaca. Semua ini dapat menyebabkan dampak yang serius.  

Hari Petugas Sampah Sedunia dimulai pada tahun 2011 oleh John Arwood. Arwood adalah seorang pengusaha Amerika dan CEO perusahaan JDA, yang berspesialisasi dalam pembuangan dan penghancuran sampah. Selama masa kecilnya, Arwood adalah seorang pendaur ulang yang rajin mengumpulkan botol dan sampah umum dengan ayahnya untuk mengurangi beban sampah di lingkungan. 

Pada tahun 1997, Arwood menyadari potensi yang dimiliki internet untuk dunia bisnis, dan dengan demikian, ia meluncurkan situs web perusahaannya. Perlahan dan pasti, bisnisnya berkembang ke seluruh penjuru negeri. Namun, Arwood segera menyadari bahwa staf pembuangan sampahnya kurang dihargai oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, dia memulai Hari Petugas Sampah Global pada tahun 2011, dan sejak saat itu dan seterusnya, orang-orang menghujani komunitas petugas sampah dengan penghargaan dan pengakuan. Global Garbage Man merayakan semua petugas kebersihan tanpa memandang jenis kelamin karena 'man' adalah singkatan dari 'manusia'.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo