Hari Pengungsi Sedunia 20 Juni 2024 - SDN 16 Salama

Tanggal 20 Juni 2024 diperingati sebagai Hari Pengungsi Sedunia.  Hari ini merupakan peringatan tahunan yang ditetapkan oleh Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).  Melansir laman UNHCR, adanya hari ini sebagai dukungan kepada semua orang yang terpaksa meninggalkan negara asalnya untuk menghindari konflik atau penganiayaan. Hari ini juga sekaligus menjadi momentum untuk memberi perhatian dan dukungan kepada para pengungsi untuk tetap dapat bertahan hidup dan juga berkembang.

Awalnya peringatan ini dikenal sebagai Hari Pengungsi Afrika. Namun pada bulan Desember 2020 Majelis Umum PBB secara resmi menetapkannya sebagai hari internasional dan untuk pertama kalinya diperingati pada tanggal 20 Juni 2001.

Adapun untuk peringatan tahun ini, Hari Pengungsi Sedunia mengangkat tema "For a World Where Refugees Are Welcomed" atau "Untuk Dunia di Mana Pengungsi Disambut dengan Baik". Tema tersebut berfokus untuk membangun solidaritas dengan orang-orang yang terpaksa mengungsi dan mengakhiri konflik sehingga mereka dapat kembali ke rumah dengan aman.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo