Hari Pelaut Sedunia 25 Juni 2024 - SDN 16 Salama

 


Dilansir situs resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub RI, Hari Pelaut Sedunia pertama kali diperkenalkan pada Amandemen Manila pada bulan Juni 2010 yang mengadopsi revisi besar terhadap Konvensi STCW dan Kode terkait.

Saat itu, Konferensi Diplomatik sepakat bahwa kontribusi yang telah diberikan oleh para pelaut dalam perdagangan internasional harus diakui dan diperingati setiap tahunnya melalui Hari Pelaut Sedunia. Tanggal 25 Juni dipilih sebagai Hari Pelaut Sedunia karena bertepatan dengan resminya diadopsi Amandemen Manila tersebut.

Hari Pelaut Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2011. Saat itu, International Maritime Organization (IMO) melakukan kampanye secara daring melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Youtube untuk menggalang dukungan kepada semua orang di seluruh dunia untuk mengucapkan terima kasih kepada para pelaut.

Tujuan adanya hari ini yakni untuk mengakui kontribusi unik yang dibuat oleh para pelaut dari seluruh dunia terhadap perdagangan lintas laut internasional, perekonomian dunia dan masyarakat sipil secara keseluruhan. Setiap tahunnya peringatan akan berfokus pada hal-hal yang berbeda. Merujuk pada situs resmi International Maritime Organization (IMO), pada tahun 2024, kampanye akan berfokus pada kontribusi pelaut dalam menjadikan sektor maritim sebagai tempat kerja yang lebih aman. Mereka ingin agar banyak orang mengetahui tentang keselamatan terbaik di laut. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo