Hari Nelayan Internasional 29 Juni 2024 - SDN 16 Salama

 


Setiap tanggal 29 Juni juga diperingati sebagai Hari Nelayan Internasional. Hari ini didedikasikan untuk jasa para nelayan dalam mencukupi kebutuhan hidup orang banyak. Hari Nelayan Internasional juga digunakan untuk menghormati semua yang bekerja di industri perikanan. Ikan, kerang, kepiting dan lainnya merupakan hasil tangkapan para nelayan yang kita makan sehari-hari. 

Nutrisi yang penting di dalam hasil tangkapan nelayan membuat peran nelayan sangat besar. Selain itu, hari ini disisihkan untuk memperkuat hubungan yang dapat diandalkan antara komunitas nelayan, vendor, pengolah, lembaga pemerintah dan non-pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya untuk membangun sektor perikanan yang berkelanjutan.

Menurut UNESCO, perayaan ini menegaskan pentingnya solidaritas global dalam melindungi dan mempromosikan kehidupan nelayan serta menghargai pekerjaan mereka dalam mewujudkan keamanan pangan global. 

Namun, tantangan yang dihadapi nelayan tidak hanya terbatas pada keberlanjutan. Perubahan iklim dan kepadatan populasi telah mempengaruhi sumber daya laut, mengancam mata pencaharian para nelayan di seluruh dunia.

Melalui perayaan Hari Nelayan Internasional, diharapkan kesadaran akan perjuangan nelayan dan pentingnya menjaga ekosistem laut akan terus meningkat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo