Hari Melawan Ujaran Kebencian Internasional 18 Juni 2024 - SDN 16 Salama

 


Tanggal 18 Juni diperingati sebagai Hari Internasional Memerangi Ujaran Kebencian.  Di tengah gempuran era media sosial saat ini banyak penyalahgunaan yang menjurus pada ujaran kebencian.  Orang dipropaganda untuk membenci dan melakukan ujaran kebencian di sosial media. 

Ujaran kebencian bisa meliputi ucapan, tindakan, dan gerak tubuh yang sengaja menimbulkan kebencian. Meskipun saat ini masalah tersebut sudah diatur dalam undang-undang, namun kenyataannya masih banyak praktik yang dilakukan. Oleh karena itu yang harusnya dibenahi adalah dari dalam diri masing-masing untuk tidak melakukan ujaran kebencian kepada orang lain.

Sementara itu melansir National Today, definisi ujaran kebencian berubah pada tahun 2009 setelah Koalisi Media Hispanik Nasional di Amerika Serikat menguraikan bahwa ujaran kebencian memiliki empat bagian yakni fakta palsu, argumentasi yang salah, bahasa yang memecah belah, dan metafora yang tidak manusiawi. 

Ujaran kebencian tidak hanya sebatas menghasut kekerasan, namun juga mencakup suasana yang dapat mendorong terjadinya kekerasan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo