Hari Lahir Presiden Ketujuh Indonesia Ir. Joko Widodo 21 Juni 1961 - SDN 16 Salama

 


Ir Joko Widodo atau lebih dikenal dengan panggilan Jokowi merupakan Presiden Indonesia yang ke-7. Di tanggal 21 Juni tahun ini, Presiden Jokowi genap berusia 63 tahun.

Dilansir dari laman resmi Presiden RI, Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Dia pertama kali terjun ke dunia pemerintahan pada 28 Juli 2005 sebagai Wali Kota Surakarta.

Masa jabatannya sebagai walikota tersebut berakhir pada 1 Oktober 2012. Kemudian pada 15 Oktober 2012 Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Barulah pada tahun 2014, Jokowi maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 bersama Jusuf Kalla sebagai wakilnya. Sejak 20 Oktober 2014 Jokowi mulai menjabat sebagai Presiden Indonesia yang ke-7.

Selama menjabat, Presiden Jokowi memfokuskan programnya pada pembangunan infrastruktur secara merata hingga ke daerah terluar Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dibandingkan negara-negara lain. Program tersebut dibarengi bantuan sosial seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), sampai Program Keluarga Harapan (PKH).

Setelah masa jabatannya berakhir, Jokowi kembali mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2019. Dia kembali terpilih dengan didampingi KH Ma'ruf Amin sebagai wakil presiden.

Di masa jabatan kedua, Jokowi mengalihkan fokus pemerintahan ke pembangunan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia Indonesia. Program tersebut bertujuan agar Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo