Hari Konvensi Bonn 23 Juni 2024 - SDN 16 Salama

 


Tanggal 23 Juni diperingati sebagai Hari Konvensi Bonn (Bonn Convention). Hari ini memperingati konvensi kerangka perubahan iklim oleh Badan Dunia, yang diselenggarakan secara internasional oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Mengutip situs resminya, Konvensi Bonn adalah Konvensi Spesies Bermigrasi (Convention on Migratory Species/CMS), merupakan sebuah perjanjian lingkungan PBB yang menyediakan platform global untuk konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan hewan-hewan yang bermigrasi di darat, air, dan unggas serta habitatnya.

Konvensi Bonn bertujuan untuk melestarikan spesies yang bermigrasi di darat, laut, dan burung di seluruh wilayah jelajahnya. Konvensi ini juga menyatukan negara-negara yang dilalui oleh hewan-hewan yang bermigrasi, serta meletakkan dasar hukum untuk langkah-langkah konservasi yang terkoordinasi secara internasional di seluruh wilayah sebaran migrasi.

Konvensi Bonn pertama kali diselenggarakan pada tahun 1979 di Jerman. Dalam pertemuan tersebut ditandatangani sebuah kerangka konvensi mengenai perubahan iklim oleh Badan Lingkungan PBB. Hal itu berisikan kesepakatan delegasi negara untuk menetapkan batasan emisi gas rumah kaca ke atmosfer bagi setiap negara.

Mengutip BBC, sejak awal Indonesia telah berperan dalam mendukung kesepakatan lingkungan global ini, termasuk Konvensi Bonn. Mulai dari Konferensi Stockholm tahun 1972 yang kemudian hasilnya menetapkan tanggal 5 Juni sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Di Indonesia, pemerintah menyusun peraturan perundangan lingkungan pertama pada tahun 1982 dengan Undang-undang (UU) Nomor 4 Tahun 1982. Aturan ini memuat tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup atau UULH 1982.

Perangkat hukum tersebut kemudian diubah dengan Undang-undang (UU) Nomor 32 Tahun 2009. Aturan ini memuat tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH), yang memasukkan unsur 'perlindungan' dan juga sanksi berat bagi pelanggarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo