Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2024 - SDN 16 Salama


Hari Keluarga Nasional atau Harganas diperingati setiap 29 Juni. Tahun 2024 diperingati Harganas ke-31. Walaupun bukan merupakan hari libur nasional, namun tahun ini Hari keluarga nasional jatuh saat akhir pekan. Tidak ada salahnya ini merupakan hari untuk memanfaatkan waktu bersama dengan keluarga.

Dilansir dari Kompas.com, Hari Keluarga Nasional berawal ketika muncul ide yang digagas oleh Ketua BKKN, Prof. Dr. Haryono Suyono di era Presiden Soeharto. Tepatnya tanggal 29 Juni 1993 di Provinsi Lampung. Ide ini berangkat dari adanya kecemasan masalah kependudukan yang meningkat setelah kemerdekaan dimana kala itu angka kematian ibu dan bayi menjadi tinggi. Hari keluarga nasional (HARGANAS) kemudian mendapatkan legitimasi pada 15 September 2014 melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2014.

Dikutip dari laman BKKBN, keluargaindonesia.id, Harganas 2024 kali ini mengusung tema "Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas". Tema ini secara umum untuk mengoptimalkan sinergi gerak dan langkah keluarga Indonesia mencegah stunting. Yakni dengan cara melakukan praktik percepatan penurunan stunting dari seluruh Indonesia.

Sementara itu maskot baru yang diluncurkan untuk Harganas 2024 adalah Warak Ngendog. Maskot ini mewakili keragaman budaya Indonesia dengan unsur Jawa, Cina, dan Arab. Maskot ini membawa dua telur sebagai simbol komitmen untuk mendukung program percepatan penurunan stunting melalui 'Gerakan Makan 2 Telur'. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo