Hari Internasional Penghapusan Kekerasan Seksual dalam Konflik 19 Juni 2024 - SDN 16 Salama

 


Salah satu momen penting yang diperingati pada tanggal 19 Juni adalah Hari Internasional Penghapusan Kekerasan Seksual dalam Konflik. Dikutip dari laman resmi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), kekerasan seksual dalam konteks konflik mencakup pemerkosaan, perbudakan seksual, pelacuran paksa, kehamilan paksa, aborsi paksa, sterilisasi paksa, dan bentuk lainnya.

Kekerasan ini digunakan sebagai taktik perang, penyiksaan, dan terorisme, dengan dampak yang menghancurkan pada kesehatan fisik, seksual, reproduksi, dan mental, serta struktur sosial masyarakat.

Untuk mengakhiri kejahatan ini di seluruh dunia, maka dicetuskan Hari Internasional Penghapusan Kekerasan Seksual dalam Konflik. Penetapan tersebut dilakukan pada tanggal 19 Juni 2015 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Tanggal tersebut dipilih untuk memperingati pengesahan resolusi Dewan Keamanan PBB No. 1820 (2008) pada tanggal 19 Juni 2008, di mana Dewan mengutuk kekerasan seksual sebagai taktik perang dan penghalang pembangunan perdamaian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo