Hari Hutan Hujan Sedunia 22 Juni 2024 - SDN 16 Salama

 


Secara internasional, tanggal 22 Juni 2024 diperingati Hari Hutan Hujan Sedunia (World Rainforest Day). Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang hutan hujan dan semua spesies biotik di dalamnya, serta pentingnya bagi kelangsungan makhluk hidup dunia.

Hari Hutan Hujan Sedunia dicetuskan pertama kali pada tahun 2017 oleh Rainforest Partnership. Dalam rangka memperingati pentingnya hutan hujan yang sehat dan berdiri untuk iklim, keanekaragaman hayati, budaya, dan mata pencaharian, juga mengadakan gerakan global untuk melindungi dan memulihkannya.

Pada tahun 2021 lalu, Hari Hutan Hujan Sedunia juga telah meluncurkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Global Hari Hutan Hujan Sedunia. Ini menyatukan orang-orang dan organisasi dari semua sektor untuk dialog dan pembangunan masyarakat dengan satu tujuan bersama: untuk memicu tindakan dan mendorong perlindungan hutan yang tangguh dan terpadu.

Hutan hujan merupakan paru-paru planet dunia. Sebab telah menghasilkan pasokan oksigen dengan jumlah besar bagi dunia. Hutan hujan juga telah membantu mengurangi perubahan iklim dengan menyerap jumlah karbon dioksida yang ada di bumi. Maka dari itu, keberadaan hutan hujan sangatlah penting dan utama untuk senantiasa dijaga dan dilestarikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo