Hari Bidan Nasional 24 Juni 2024 - SDN 16 Salama

 


Hari Bidan Nasional diperingati setiap tanggal 24 Juni. Bidan merupakan salah satu tenaga professional yang bertanggung-jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memfasilitasi dan memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi. 

Tanggal 24 Juni dipilih sebagai Hari Bidan Nasional karena bertepatan dengan hari lahirnya Ikatan Bidan Indonesia (IBI). IBI lahir pada tanggal 24 Juni 1951. IBI dibentuk sebagai wadah para bidan seluruh Indonesia. Banyak tokoh yang terlibat dalam IBI. Seperti Selo Soemardjan, Fatimah, Sri Mulyani, Salikun, Sukaesih, Ipah dan S. Margua, yang selanjutnya memproklamirkan IBI sebagai satu-satunya organisasi resmi bagi para bidan Indonesia.

Pada tanggal 15 Oktober 1954, IBI diakui sah sebagai organisasi yang berbadan hukum dan terdaftar dalam Lembaga Negara. IBI juga diakui sebagai ICM (International Confederation of Midwives). Bidan memegang peran penting akan kelahiran ibu dan bayinya. Jauh dari sejak kehamilan, bidang memiliki tugas untuk melindungi dan merawat ibu hamil. Dengan adanya Hari Bidan Nasional ini diharapkan bisa memberi penghargaan kepada seluruh profesi bidan yang ada di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo