Hari Asteroid Internasional 30 Juni 2024 - SDN 16 Salama

 


Hari Asteroid Internasional atau International Asteroid Day diperingati setiap tahun pada 30 Juni. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat dunia tentang asteroid dan dampaknya pada permukaan bumi.

Dilansir Kemdikbud, asteroid adalah benda langit yang terbentuk dari objek yang tersisa dari pembentukan tata surya. Ukuran asteorid lebih kecil dibanding planet, tetapi lebih besar dari meteoroid.

Menurut NASA, asteroid merupakan benda yang relatif kecil, tidak aktif, dan berbatu yang mengorbit matahari. Asteroid adalah material batuan sisa dari masa pembentukan tata surya. Mereka adalah batu bata awal yang membangun planet-planet.

Sejauh ini, tidak ada ancaman asteroid menabrak bumi, tetapi meteor kecil selalu terbakar di atmosfer bumi. Sementara itu, asteroid yang cukup besar dapat menyebabkan kerusakan di tanah saat menghantam bumi.

Mayoritas asteroid berasal dari sabuk asteroid utama yang terletak di antara Mars dan Jupiter. Asteroid tersisa dari pembentukan tata surya kita yang dimulai sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu, ketika awan besar gas dan debu runtuh.

Saat ini terjadi, sebagian besar materi jatuh ke tengah awan dan membentuk matahari. Beberapa debu yang mengembun di awan kemudian menjadi planet. Objek di sabuk asteroid tidak pernah memiliki kesempatan untuk dimasukkan ke dalam planet. Mereka adalah sisa dari masa lalu ketika planet terbentuk.

Mengutip dari situs PBB, Hari Asteroid Internasional tanggal 30 Juni adalah hari kesadaran publik yang disetujui oleh PBB tentang risiko dampak asteroid. Pada bulan Desember 2016, Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi A/RES/71/90 yang menetapkan tanggal 30 Juni sebagai Hari Asteroid Internasional.

Resolusi tersebut berkaitan dengan peristiwa Tunguska di Siberia, di mana ada hantaman asteroid di dekat Sungai Tunguska, Yeniseysk, Rusia pada tanggal 30 Juni 1908. Peristiwa itu merupakan dampak asteroid terbesar di bumi dalam catatan sejarah.

Keputusan Majelis Umum PBB terkait Hari Asteroid Internasional dibuat berdasarkan proposal oleh Association of Space Explorers dan didukung oleh Committee on the Peaceful Uses of Outer Space (COPUOS).

Hari Asteroid Internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang asteroid, bahaya atau dampak dari asteroid serta menginformasikan kepada publik tentang tindakan komunikasi yang harus diambil di tingkat global jika ada ancaman objek dekat bumi, termasuk asteroid.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo