Hari Teater Internasional 27 Maret 2024 - SDN 16 Salama


 

Hari Teater Internasional diperingati pada tanggal 27 Maret setiap tahunnya. Peringatan ini ditetapkan oleh International Theatre Institute (ITI).

Melansir National Today, ITI mengusung peringatan ini untuk pertama kali pada tahun 1961. Tujuannya yaitu untuk merayakan esensi, keindahan, dan pentingnya seni teater di dunia hiburan.

Peringatan ini juga dirayakan untuk menginformasikan kepada pemerintah, politisi, institusi, dan pemangku kepentingan di seluruh dunia terkait pentingnya nilai dan potensi teater untuk pertumbuhan ekonomi. Sehingga teater tidak hanya dikenal sebagai hiburan saja.

Pada tahun 1962, Hari Teater Internasional mulai dirayakan oleh 90 cabang ITI yang tersebar di seluruh dunia. Hari ini juga dirayakan oleh berbagai universitas teater, akademi, sekolah, para pecinta teater, dan tokoh seni.

Setiap tahunnya tokoh seni terkenal merayakan hari ini dengan memberikan pesan internasional. Isinya yakni refleksi sejarah teater dan budaya perdamaian di dunia saat ini.

Pesan Internasional itu pertama kali dibuat oleh penyair dan penulis naskah Perancis Jean Cocteau. Bagi masyarakat umum yang ingin merayakannya bisa dengan cara mengunjungi studio teater lokal atau mengikuti acara Hari Teater Internasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembagian Raport Siswa Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo

Bimtek IKM "Refleksi Pembelajaran Melalui PMM (Membuat Aksi Nyata)"