Kegiatan Membaca Kelas 1 SDN 16 Salama Kota Bima
Kegiatan membaca siswa kadang-kadang lancar, kadang-kadang tidak, kadang-kadang dapat cepat menangkap apa yang dipelajari, kadang-kadang terasa amat sulit. Dalam hal semangat terkadang semangatnya tinggi, tetapi terkadang juga sulit untuk mengadakan konsentrasi. Dengan kenyataan yang sering kita jumpai pada setiap anak didik dalam kehidupan sehari-hari dalam kaitannya dengan aktivitas belajar. Proses pembelajaran membaca permulaan diajarkan di kelas I, siswa kelas I ditekankan oleh gurunya untuk bisa mengenal huruf, suku kata, kata, kalimat, dan konteks.
Membaca permulaan memiliki peran yang sangat penting untuk kelas I. Siswa yang belum bisa membaca akan mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran dan juga kesulitan menangkap dan mamahami informasi yang disajikan melalui berbagai buku perlajaran, buku-buku bahan penunjang.
Kesulitan lain yang siswa alami yaitu merangkai huruf menjadi kata-kata, dan membuat kata. Sebagian siswa ketika membaca ada yang belum mengerti huruf dan memahami huruf serta sebagian masih ada yang belum bisa merangkai huruf menjadi kata-kata. Hal ini disebabkan karena siswa tersebut belum mengenal huruf, siswa itu masih mengingat huruf, dan selalu mengeja huruf. Analisis ini perlu dilakukan di kelas awal, dengan demikian maka tidak terlambat untuk melakukan perbaikan dengan penanganan yang tepat kepada siswa.
Komentar
Posting Komentar