Membaca Kelas 1 SDN 16 Salama Kota Bima


 

Membaca bukan pekerjaan yang sulit melainkan suatu kegiatan yang tidak mudah dilakukan. Oleh karena itu ada teori-teori tentang belajar membaca. Belajar teori itu mudah, tetapi untuk mempraktikannya tidak cukup sekali dua kali. Dalam pengajaran membaca di kelas rendah sangat penting bagi seorang pendidik untuk mengetahui teori-teori tentang belajar membaca. Teori ini biasanya digunakan oleh seorang pendidik untuk mengajarkan membaca kepada peserta didik dengan baik dan dapat membaca dengan tepat. Frekuensi latihan membaca akan menjadikan seseorang terampil dalam bidang membaca. 

Terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan untuk membaca. Masalah yang umum dialami oleh anak usia ini adalah anak cenderung lebih menyukai bentuk visual daripada tulisan-tulisan yang ada dalam buku. Hal ini mengurangi minat anak untuk membaca sehingga keterampilan anak dalam membaca kurang. Hal ini tentu sangat berdampak bagi anak karena anak akan lebih susah untuk memaham materi yang ada dalam buku mata pelajaran. 

Untuk siswa kelas rendah sebaiknya menggunakan bacaan yang bergambar dan kalimatnya hanya sederhana, ini bertujuan untuk melatih anak agar dapat membaca secara lancar. Setelah anak sudah bisa membaca secara lancar barulah di kembangkan dalam hal pemahaman siswa saat membaca. Pada buku kurikulum merdeka, sudah dilengkapi berbagai teks baca sederhana yang ditambahkan dengan gambar-gambar yang menarik. Ini dapat menjadikan siswa tergerak untuk berlatih membaca. Secara perlahan-lahan siswa diperkenalkan dengan bacaan yang  berisi kata-kata sederhana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Replika Rangka Manusia Kelas 6 - SDN 16 Salama

Uji Coba OSN-Provinsi Bidang IPA Jenjang SD Tahun 2024 - SDN 16 Salama

Puisi Mbojo "Rakapu Kananu" Karya N. Marewo